Sabtu, 06 Agustus 2011

Kualitas Neon Box

Kualitas Neon Box di lihat dari sisi MEDIA yang digunakan:

Saat ini banyak neon box yang tidak bertahan lama, dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun neon box sudah kelihatan pudar atau suram, jika neon box sudah kelihatan pudar atau suram, maka kerugian / keuntungan sudah di depan mata. Mengapa demikian... karena pada Neon box isinya atau tertulis nama/identitas perusahaan atau usaha, alamat dan terkadang sedikit produk. Nah jika calon client tidak bisa membaca isi neon box kita maka client tersebut akan kerepotan mencari & menemukan tempat kita, alhasil calon client tersebut tidak jadi ke tempat kita.


pertanyaannya... kenapa bisa terjadi demikian ?
Karena media untuk neon box itu tidak berkualitas.

Ada beberapa media yang di gunakan untuk neon box antaranya :
1. Media dari Digital Printing ;
Dalam media digital printing, terbagi lagi dari beberapa kategori kualitas seperti :
a. Bahan Cina(becklite)yang di cetak 1 (one) side / sisi.
b. Bahan Cina (becklite) yang di cetak 2 side
c. Bahan German (becklite) cetak 1 side
d. Bahan German (becklite) cetak 2 side

2. Media Cutting sticker
Media cutting sticker lebih jauh kualitasnya di bandingkan dengan Media digital printing. Pemakaian Cutting sticker untuk neon box bisa dari sticker 3M, Oracal atau Aslan, dan dasar untuk menempelkan cutting sticker tersebut dipakai bahan vinyl becklite, polycarbonate atau acrylic.

3. Media plat + letter timbul acrylic.
Pada no 3 ini dimana neon box bagian medianya di tempelkan lagi letter timbul acrylic, dan cahaya yang keluar dari neon box hanya pada letter timbulnya saja.

Dari 3 bahan neon box yang biasa di gunakan, maka kualitas yang paling tidak bagus adalah no. 1a (Bahan Digital printing Becklite yang dicetak 1 sisi).
Tidak bagusnya media tersebut akan bertambah parah jika Mesin untuk mencetak becklite tersebut memakai TINTA oplosan dan bukan tinta original.
Namun sebagai solusi, dimana untuk menambah umur / daya tahan media neon box dari pudar atau suram, sebaiknya neon box tersebut di beri obat anti Ultra Violet.

Sebagai saran atau Masukan, bagi yang berencana memakai Neon box sebagai branding usaha/perusahaan/instansinya sebaiknya terlebih dahulu tahu spesifikasi dari media Neon box yang akan di buat. Jika kurang paham dengan spesifikasinya, maka dapat didiskusikan atau minta pendapat pada yang lebih tahu atau yang telah berpengalaman. Jangan hanya dengan melihat harga " MURAH " tetapi tidak memperhatikan kualitas, sehingga pada saatnya nanti akan membuat kecewa.


Salam
WSN

1 komentar: